Search

Memotret itu mudah - 5 tips simple

Apakah anda memiliki handphone? Ya pastinya saya yakin kalian pun membaca blog ini dengan menggunakan handphone yang sudah pasti memiliki kamera. Selalu gunakanlah secara maksimal alat yang anda miliki baik itu handphone merk apapun atau kamera SLR merk apapun. Jika kalian hanya memiliki handphone sebagai kamera utama kalian, berikut saya memiliki beberapa tips memotret menggunakan handphone.


Tips #1

Cari tempat terang dan perhatikan sumber cahaya ada dimana

©yedijaluhur photograph with ipad | Mariska at anici studio

Hal utama yang paling penting adalah perhatikan dimana sumber cahaya tersebut berasal. Apakah berasal dari jendela, dari matahari, atau dari pantulan-pantulan gedung/tembok, atau dari sumber langsung seperti cahaya senter, lampu taman, lampu rumah dsb. Pada contoh foto diatas, digunakan cahaya jendela yang ada di samping yang pada sore hari itu, cahaya masuk ke dalah studio secara keras. dengan menggunakan gorden yang ada, yaitu menciptakan tekstur cahaya yang unik. Si modelpun diarahkan untuk sedikit menghadap ke jendela (sumber cahaya) supaya mukanya terang.


Kamera hanphone biasanya memiliki kemampuan low light yang kurang, yaitu jika cahaya cukup gelap, akan menghasilkan noise yang berlebih atau irang biasa bilang "fotonya bintik-bintik" usahakan cari cahaya yang terang, baik itu berupa cahaya matahari, lampu tidur, senter, lampu LED, dll.



Tips #2

Jika harus melawan cahaya, cobalah teknik silhouette.

©yedijaluhur | Silhouette at anici studio

©yedijaluhur | dancing in the round

Pada foto pertama, saya menyuruh tiap model untuk membuat gaya masing-masing dan tentunya memberi jarak pada tiap orangnya sehingga bayangannya tidak tabrakan antar masing-masing orang. Sedangkan pada foto kedua, saya melihat sebuah komposisi yang menarik, yaitu ada lampu-lampu cafe bergelantungan diatas, sehingga saya memotret agak mundur dari jauh dan menaikkan kamera agak sedikit keatas sehingga bulat-bulatan lampu tampak menjadi sebuah rangkain foto dengan model yang bergaya seperti sedang menari dibawah yang juga di dalam bulatan.


Bagaimanapun, jika memang harus melawan cahaya, kalian bisa mencoba teknik foto siluet. atau dengan menurunkan eksposure. Jika menggunakan SLR / mirrorless, coba turunkan shutter speed atau naikkan diafragma, atau jika di iphone yaitu dengan menekan layar untuk fokus, lalu menggeser ke bawah (ke kiri untuk android). Jika memotret siluet, pastikan orang yang difoto menciptakan gestur tubuh contohnya dengan mengangkat tangan, menengok ke samping, ataupun cukup menghadap ke samping memperlihatkan lekuk tubuh dan wajah.



Tips #3

Cari komposisi yang menarik, perhatikan benda di sekeliling

©yedijaluhur taken with ipad | diantara
©yedijaluhur taken with ipad | hayo motret apa tuh?

©yedijaluhur | sexy donut

Coba perhatikan komposisi-komposisi yang menarik yang ada disekitar. Pada contoh gambar pertama saya mencoba untuk memposisikan model diantara tangan teman saya utnuk membuat sebuah framing. Pada fotokedua saya mencoba untuk mengambil foto dari posisi atas karena melihat ada framing juga yaitu antara gorden dan kain piutih yang ada dibawah. Saya menyuruh teman saya untuk memotret kaki model dengan posisi yang sudah ditentukan.Benda-benda lain yang bisa dicoba seperti dedaunan, bulu-bulu, cermin juga bisa menjadi salah satu elemen untuk memaniskan sebuah foto.


©yedijaluhur taken with ipad | Melihat referensi

Cari juga hal yang unik yang bisa membuat foto menjadi bercerita, jadi foto tidak membosankan. Bila ide kita juga sudah mentok coba juga disharingkan dengan partner foto kita, atau dengan objek / model yang kita foto, terkadang merekapun bisa memberi masukan ide-ide yang menarik sebagai bahan foto kita.



Tips #4

Cari perpaduan warna yang menarik


©yedijaluhur | crayon
©yedijaluhur | blue pink

Cobalah untuk menemukan kombinasi warna yang menarik yang ada disekitar tempat memotret anda. Pada foto pertama jika ada dinding yang memiliki beda warna seperti foto diatas juga bisa dimanfaatkan, ditambah tone warnanya sesuai dengan outfit dari sang model.


Di foto kedua, saya mencoba memotret dengan high angle yaitu sedikit menaikkan kamera dan model berdiri sedikit dibawah, sehingga kolam renang tersebut menjadi background yang tentunya dengan menabrakkan warna pink ketemu dengan warna biru akan membuat foto nampak lebih cantik dari segi warna.



Tips #5

Percaya diri, jangan terlihat bingung


©yedijaluhur | rebahan

Tips nomor 5 ini sebenarnya adalah yang terpenting dari semuanya. Apapun alat yang kalian gunakan, bagaimanapun tempat pemotretan dan kondisinya, percaya diri adalah hal utama dalam memotret, terutama untuk fotografernya. Fotografer yang percaya diri akan menular ke model bahkan ke team juga, meskipun terkadang hasil juga ga seberapa.


Selalulah tersenyum dan jangan pernah merusak mood pemotretan, sering-seringlah berkomunikasi jika anda memotret seorang model, jika tidak terlalu pintar berkomunikasi, paling tidak siapkan basa-basi supaya suasana juga cair, sehingga baik model yang difoto, team, dan fotograferpun merasa nyaman sehingga ide-ide dari tips ke 1 sampai 4 pun juga tidak terlewat.


Selamat berkarya kawan ;)



22 views
  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram

0859-4528-6421

©2019 by Anici Studio