Search

Kamera yang cocok untuk memotret di studio?


Hayo, siapa yang lagi mencari kamera yang cocok untuk kebutuhan pemotretan di studio. Berikut mimin studio mau kasi masukan ke kalian yang lagi galau untuk mencari kamera utk kebutuhan studio..


Pertama-tama kita harus lihat dulu nih guys spesifikasi yang dibutuhkan untuk memotret di studio : 1. Cuaca lebih terkontrol di dalam studio Melihat fakta pertama ini, berarti kita tidak butuh kamera yang bisa menangkap momen dengan cepat, kita bisa bersabar untuk memotret karena semua aspek (lighting, model / object, cuaca, schedule, dll bisa di atur). Sehingga kamera dengan FPS (frame per second cepat) tidak banyak membantu di dalam studio. Selain itu kamera dengan weaather sealing yang tahan cuaca juga tidak terlalu dibutuhkan di studio.


2. Memotret dengan lighting yang bisa dikontrol powernya Karena kita bisa mengontrol seberapa besar output lighting yang diinginkan, kamera dengan kemampuan ISO tinggi tidak terlalu dibutuhkan.

3. Pemotretan di studio, biasanya kita mencari detail untuk kebutuhan komersial.

Melihat fakta tersebut. berarti kita membutuhkan sebisa mungkin kamera yang memiliki megapixel yang cukup besar karena dengan resolusi besar, editor lebih mudah dalam bekerja, dan juga dalam beberapa hal kita bisa banyak mengcrop foto kita tanpa kehilangan resolusi yang berarti (misalnya memotret baju, terus mau di crop untuk beberapa detailnya). 4. Sering berurusan dengan keterbatasan ruang. Ya, lensa fix memang memiliki kelebihan selain memiliki bukaan yang besar, juga terkadang hasilnya lebih tajam dari lensa zoom.. Tetapi belakangan ini melihat perkembangan lensa-lensa yang baru, sekarang lensa zoom juga sudah bagus kualitasnya, termasuk lensa kit yang biasa didapatkan waktu membeli kamera. Memotret dengan lighting studio, cenderung menghasilkan gambar yang lebih tajam dibandingkan memotret outdoor, sehingga memotret dengan lensa zoom pun hasilnya akan bagus, selain itu kita tidak perlu repot untuk maju mundur. Selain itu di kebanyakan kondisi, kita juga tidak memerlukan "bokeh" jika memotret di studio (apalagi jika menggunakan background polos), jadi lensa fix tidak terlalu urgent. Jadi spesifikasi apa yang dibutuhkan : Yang pertama dulu paling penting adalah kamera anda harus memiliki "hotshoe" simplenya, lempengan besi yang ada diatas kamera tersebut sehingga diatasnya kita bisa menempelkan aksesoris seperti flash atau trigger kamera. Yang kedua, jika kalian masih belajar atau budget terbatas, kamera apapun baik DSLR ataupun mirrorless dengan lensa kita sudah cukup. Biasanya lensa kit itu sudah mengcover jarak untuk foto wide hingga normal. Diluar hal itu biasanya di dalam studio kita tidak akan menggunakan ISO lebih dari 1600, jadi kamera apapun baik yang entry level pun sekarang sudah bagus teknologi sensornya untuk memotret di ISO hingga 1600 sekalipun.. Yang ketiga, daripada anda membeli kamera dan lensa yang mahal, mending uang yang digunakan lebih baik di dihabiskan ke aksesoris yang bisa mendukung pemotretan studio, misalkan : - Tripod yang bagus - Laptop yang memiliki layar yang bagus (untuk tethering) beserta kabel tether yang bagus juga. - Flash, lampu, atau modifier (softbox, beautydish, dll) yang mendukung lighting anda supaya fotonya lebih bagus. - Filter ND (jika memiliki lensa fix). Biasanya lampu studio itu meski sudah di setting di power paling rendah, jika kita memotret dengan F1.4 F2 tetap akan terlalu terang, jadi filter ND untuk lensa akan sangat membantu. Gunakan filter ND yang cukup bagus supaya warnanya tidak shift (mimin sudah pengalaman). Yang keempat, pilih kamera yang memiliki megapixel yang cukup besar. Jika memang memiliki budget yang lebih, kamera dengan sensor fullframe pasti akan menghasilkan foto dengan gradasi dan skin tone yang lebih bagus dibandingkan dengan kamera yang memiliki sensor kecil. Jadi kamera fullframe, meskipun sudah ketinggalan beberapa tahun masih dapat dipertimbangkan jika memang tujuannya hanya untuk studio.

Yang terakhir, kalau memang dapat kamera second dengan kondisi yang masih bagus / tanya teman yang mengerti fotografi / bisa juga minta beli dari teman yang sudah pasti merawat kameranya bisa menjadi salah satu opsi murah juga.


Semoga mimin bisa membantu teman-teman ya untuk memilih kamera, jangan galau lagi :) Untuk yang masih bingung memilih kamera gimana setelah baca ini, mimin punya video nih dibawah..



15 views
  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram

0859-4528-6421

©2019 by Anici Studio